jump to navigation

Yamaha Mio, Tercepat di SBY! 18 Agustus 2011

Posted by Jussmelon in Modifikasi roda dua.
Tags: ,
trackback

mio dragYamaha Mio milik Tomo Speed Shop (TSS) ini pernah tampil sebagai yang tercepat pada pentas drag bike di Surabaya, Jawa Timur. Ketika itu catatan waktunya 7,085 detik digeber Saipul Cibef. Namun ketika di Jogja lalu 7,106 disemplak Tony Cupank juara 2 kelas FFA matik.

Korekan mekanik Thailand ini sudah mengusung spek baru. “Seperti kruk as kerbau yang sudah punya stroke 86 mm,” jelas Tomo yang bos TSS itu.

Dipadukan dengan piston 69 mm merek LHK. “Jadinya kapasitas silinder bisa dihitung, yaitu hanya 321 cc,” terang Tomo yang memang bermuka terang dari tokonya di Jl. Bendungan Jago Raya, No. 6-7, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Untuk kepala silinder juga sudah menggunakan spek terbaru. Mengusung klep isap 35 mm dan buang 31 mm. Sedang spek lama klep isap 34 dan buang 30 mm, sama dengan kelas 300 cc.

Menurut Tomo, ruang bakarnya dibuat model dome. Rasio kompresi sekitar 12 : 1, cukup untuk trek 201 meter

Untuk suplai gas bakarnya, dirasa cukup menggunakan karburator PE 28 yang direamer abis. Lubang venturi dibabat abis sampai 34 mm. Main-jet menggunakan 135 dan pilot-jet 45.

Untuk puli depan pakai dari Yamaha Fino satu set berikut roller. Sedang puli belakang masih dipertahankan standar. “Hanya kampas kopling LHK dan per CVT 2.000 rpm,” jelas Tomo yang mau melepas Mio ini Rp 70 juta.

Piston Forging

Di soal pemilihan piston, juga dipilih produk yang lebih ringan namun lebih kuat. Oleh mekanik Thailand, juga sudah diseting menggunakan piston buatan LHK. Kelebihan piston ini sudah diproses dengan sistem forging. Sehingga dengan begitu, dinding liner bisa dibuat tipis namun kuat.

Melalui sistem forging juga membuat piston alias seher itu jadi lebih enteng. Juga mampu menambah tenaga jadi lebih jreng. Apalagi ring seher juga cukup kecil, sehingga ringan gesekan dan tidak banyak mengurangi tenaga motor.
piston mio drag
Sistem forging juga memungkinkan badan piston bisa dibuat kecil. Bagian yang bersinggungan dengan dinding liner jadi sedikit. Semakin sedikit juga mengurangi gesekan dengan boring.

Menurut Tomo, desain piston mirip kepunyaan Yamaha YZF. Dimensinya yang tidak tinggi pula sudah dipadukan dengan badan piston yang tidak begitu lebar. Untuk motor drag yang harus menempuh waktu singkat, aplikasi ini dirasa sangat cocok. Apalagi piston memang tidak perlu ketahanan, karena hanya menempuh jarak 201 meter.

CC Lebih Kecil

Kapasitas silinder atau cc yang dimiliki Yamaha Mio milik Tomo Speed Shop (TSS) ini memang lebih kecil. Itu jika dibanding Mio milik Miekel Tjanjanto dari MC Racing yang juara 1.

Kalau Yamaha milik MC Racing menggunakan piston diameter 71 mm dengan volume silinder 340 cc. Sedangkan milik TSS diameter piston hanya 69 mm, dengan kapasitas silinder yang hanya 321 cc.

Perbedaan diameter silinder namun tidak di soal stroke atau langkah piston. Sama menggunakan kruk as kerbau terbaru punya stroke 86 mm.
knalpot mio drag
Untuk perbedaan lain ada pada sistem pengapian terutama CDI. Kalau milik MC Racing masih mengusung CDI milik Yamaha Nouvo dengan kode 1P7.

Sedangkan CDI yang dipakai di Mio TSS ini adalah milik Mio lama. “Kodenya Sepco, sebelum keluar CDI Mio label Moric,” tunjuk Tomo. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Eat My Dust 45/90-17
Ban belakang : Eat My Dust 60/80-17
Knalpot : TSS
Pelek belakang : Comstar 1,20×17
TSS : (021) 935-279-58

sumber

Komentar»

1. indopoints - 19 Agustus 2011

mudik mudik…

selamat idul fitri…

mohon maaf lahir batin

Otomotif2™ - 19 Agustus 2011

hahahaaa.. 1 minggu lagi mau mudik nich..🙂

Irfan Handi - 22 Agustus 2011

jangan lama-lama bang . . .

2. Otomotif2™ - 22 Agustus 2011

do’ain aja bang selamat sampai tujuan..🙂

3. Gofy Saputra - 5 September 2011

mantafff boss rakitan nya…..!!

4. mamat - 7 September 2011

Kira kira bensinnya irit gak gan,hahaha..
Ok..gan,makasih atas ilmunya.artikelnya bisa nambah wawasan..

5. Anonim - 9 Oktober 2011

80 jta d jual gk bos, bwt ngngkut syurt jh biar lbih cpet.,hheehe

6. ithang hura hura - 19 Maret 2012

keren tuh bos mtor.a ,

Anonim - 14 Mei 2012

d jual gax 1 M tuh boz buat ngangkut padi????

7. tya007 - 25 Juni 2012

TSS mantappp….

Anonim - 7 Agustus 2012

kpan2 gw main k TSS,mo bore up harian,,,…!?btw bajet’y brapa,,,…!?lam knal Boil dr cianjur yg mrintis k jkrta.!?tnks

8. Anonim - 3 Desember 2012

tomo speddd memang jossssss

9. Lenk Bopenk - 13 Januari 2013

pengen pnya mtr kyk mio nya?

10. belodrag - 23 November 2013

Lam ken.boz hrg park jngn mhl2 bos klau we bli

11. Anonim - 13 Agustus 2015

70mm forged piston pin 15 available?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: